Cara Membuat Dual Boot Windows 7 dan Windows 8

Microsoft secara resmi meluncurkan Windows 8 pada 26 Oktober. Sistem operasi terbaru ini membawa sejumlah perubahan dibandingkan dengan pendahulunya. Windows 8 menjanjikan pengalaman baru melalui antarmuka pengguna yang lebih segar. Jika Anda penasaran ingin mencoba Windows 8, tapi tidak ingin meninggalkan Windows 7 sepenuhnya, dual boot adalah solusinya.  Ini juga akan memungkinkan pengguna yang ingin transisi dari Windows 7 ke Windows 8.

Berikut ini adalah cara untuk menjaga kedua Windows dapat dijalankan dalam satu komputer:

CARA 1 :
1. Membuat partisi baru pada hard disk Sebelum memulai instalasi Windows 8. Untuk membuat partisi baru, bisa menggunakan manajemen disk pada Windows 7 atau aplikasi pihak ketiga seperti Partition Magic atau Easeus Partition Master. Pastikan bahwa Anda membuat partisi dengan menggunakan sistem file NTFS.

2. Menyiapkan perangkat boot awal Setelah selesai membuat partisi baru untuk instalasi Windows 8, hal berikutnya yang kita lakukan adalah setup perangkat boot awal yang akan digunakan untuk instalasi. Ketika Anda membeli Windows 8 dalam bentuk fragmen disc, setup perangkat boot pertama dengan optical drive. Pengaturan ini bisa dilakukan melalui menu BIOS.

3. Sekarang Anda siap untuk meng-instal Windows 8 melalui disk atau media lainnya yang Anda gunakan. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah instalasi Windows 8 selesai, boot menu akan menampilkan menu untuk memilih OS sebagai peluncur. Akhirnya, sekarang Anda hanya perlu memilih OS yang ingin Anda gunakan.

Untuk keamanan sebelum memutuskan untuk melakukan dual boot Windows 8 dan Windows 7, ada baiknya untuk melakukan back-up ke file penting untuk mencegah kemungkinan kegagalan.

CARA 2 :
Cara membuat dual Boot windows 7 dan 8.
  • Pertama-tama buatlah atau siapkanlah sebuah partisi yang kosong yang akan kita gunakan untuk menginstall windows 8, misalnya drive: D
  • Masukkan DVD master windows 8, anda juga bisa menggunakan flashdisk maupun HD external yang berisi boot windows 8.
  • Restart Komputer anda dan pastikan anda boot melalui DVD/ Flashdisk windows 8, anda dapat melakukannya dengan masuk bios sistem komputer anda terlebih dahulu.
  • Setelah boot ke windows 8 maka windows 8 mulai install secara otomatis dan pada menu instalasi pastikan anda memilih Custom (advenced)
  • Setelah itu pilihlah partisi dari hardisk anda yang telah anda siapkan tadi, pastikan drive yang anda pilih adalah drive yang kosong karena proses instalasi ini akan memformat partisi yang anda pilih.
  • setelah itu proses instalasi akan berlangsung, tunggu sampai selesai, dalam proses instalasi komputer anda akan restart sendiri, tunggu saja sampai selesai.
  • setelah selesai proses penginstalan anda diminta memasukkan Product key, user name dan password dan juga anda akan diminta mengaktifkan windows 8 jika ingin menikmati segala fitur-fiturnya.



Cara Memilih Boot default

Setelah proses installasi windows 8 telah selesai  maka boot otomatis atau boot defaultnya adalah windows 8, jika anda menginginkan boot defaultnya adalah windows 7 maka rubahlah defaultnya menjadi windows 7 di boot menu ketika pertama kali anda boot dengan windows 8, diboot menu windows 8 OS yang paling atas adalah boot defautnya. jadi anda harus merubahnya secara manual agar windows 7 anda sebagai boot default. tetapi jika anda ingin windows 8 sebagai boot default maka anda tidak perlu merubah boot menu tersebut.

Setelah semua langkah tersebut maka anda telah mempunyai dua windows sekaligus dalam komputer anda, yaitu windows 7 dan windows 8, ketika anda menghidupkan komputer maka pada boot option akan ada 2 windows yang dapat anda pilih dan pilihlah salah satu darinya, jika anda tidak memilih maka windows akan boot dengan boot default yang telah anda tentukan terdahulu.


Demikian tutorial dari saya tentang cara membuat dual boot windows 7 dan windows 8 semoga bermanfaat, dan terimakasih .

1 comments:

terima kasih atas tutornyaa

February 1, 2014 at 9:32 AM comment-delete

Post a Comment